Istiakuntansi’s Weblog

RPP KEWIRAUSAHAAN KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

 

Mata Diklat                   : KEWIRAUSAHAAN

Tingkat/ Semester         : XI / Gasal

Pertemuan ke                : 1, 2, 3, 4

Alokasi Waktu              : 8 x 45 menit (6 jam pelajaran)

Standar Kompetensi      : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.

Kompetensi Dasar         : 1. Menganlisis peluang usaha

 

I.             Tujuan Pemelajaran

Siswa diharapkan mampu mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, dsb.

II.          Indikator

Analisis peluang usaha yang didasarkan pada:

    Jenis produk dan jasa

    Minat dan daya beli konsumen

III.       Materi Ajar

·         Peluang dan resiko usaha

·         Mengembangkan ide dan peluang usaha

·         Memetakan peluang usaha

·         Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif

IV.        Metode Pemelajaran

Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.

·         Ceramah

·         Tanya jawab

·         Diskusi

V.           Langkah-langkah Pemelajaran

·          Kegiatan Awal:

Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.

Ø      Apersepsi

·          Kegiatan Inti:

Siswa mulai mempelajari:

a.       Kemampuan dalam pemanfaatan usaha

b.       Mengidentifikasi peluang usaha

c.       Menangkap peluang usaha

d.       Analisis peluang usaha

e.       Kemampuan mengambil resiko dalam peluang usaha

f.        Mengembangkan ide dan peluang usaha

·          Kegiatan Akhir:

Penutup: Siswa mengadakan mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb.

VI.        Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

Ø      Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna

Ø      Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo

Ø      Modul CMUS

Ø      Objek nyata (SMEAN Mart dll)

VII.     Penilaian

Ø      Tes Lisan

Ø      Tes Tertulis

Ø      Penugasan

Ø      Praktik Kewirausahaan

        

SOAL TES (terlampir)

 

 

 

Mengetahui                                                                            Slawi, 16 Juli 2008

Waka Kurikulum                                                                    Guru Mata Diklat

 

 

 

 

Dra. Dyah Widyastuti                                                              Siti Istianah, S.Pd

NIP. 132051619                                                                      NIP. 500125433

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

 

Mata Diklat                   : KEWIRAUSAHAAN

Tingkat/ Semester         : XI / Gasal

Pertemuan ke                : 5, 6, 7

Alokasi Waktu              : 6 x 45 menit (4 jam pelajaran)

Standar Kompetensi      : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.

Kompetensi Dasar         : 1. Menganalisis peluang usaha

      (Faktor-faktor Keberhasilan dan Kegagalan Usaha)

 

 

I.             Tujuan Pemelajaran

Siswa diharapkan mampu menganalisis dan mengetahui faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.

II.          Indikator

Analisis peluang usaha yang didasarkan pada:

    Jenis produk dan jasa

    Minat dan daya beli konsumen

III.       Materi Ajar

·         Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.

·         Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha.

IV.        Metode Pemelajaran

Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.

·         Ceramah

·         Tanya jawab

·         Diskusi

V.           Langkah-langkah Pemelajaran

·          Kegiatan Awal:

Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.

Ø      Apersepsi

·          Kegiatan Inti:

Siswa mulai mempelajari:

a.       Keberhasilan Usaha

b.       Cara Mengidentifikasi Berbagai Situasi dan Perkembangan Usaha

c.       Faktor-faktor Keberhasilan Usaha

d.       Kegagalan Usaha

·          Kegiatan Akhir:

Penutup: Siswa menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha dari seorang profil wirausahawan.

VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

Ø      Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna

Ø      Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo

Ø      Modul CMUS

Ø      Objek nyata (SMEAN Mart dll)

Ø      Profil wirausaha yang berhasil dari surat kabar, tabloid dll)

VII. Penilaian

Ø      Tes Lisan

Ø      Tes Tertulis

Ø      Penugasan

Ø      Praktik Kewirausahaan

        

SOAL TES (terlampir)

 

 

 

 

Mengetahui                                                                            Slawi, 16 Juli 2007

Waka Kurikulum                                                                    Guru Mata Diklat

 

 

 

 

Dra. Dyah Widyastuti                                                              Siti Istianah, S.Pd

NIP. 132051619                                                                      NIP. 500125433

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

 

Mata Diklat                   : KEWIRAUSAHAAN

Tingkat/ Semester         : XI / Gasal

Pertemuan ke                : 8, 9, 10

Alokasi Waktu              : 6 x 45 menit (6 jam pelajaran)

Standar Kompetensi      : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.

Kompetensi Dasar         : 2. Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

 

I.             Tujuan Pemelajaran

Siswa diharapkan mampu membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat: tujuan, sasaran, badan usaha dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

II.          Indikator

3.2.1 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari:

·          Organisasi usaha sederhana yang meliputi tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi.

III.       Materi Ajar

·         Perincian Usaha

·         Bentuk-bentuk Badan Usaha

IV.        Metode Pemelajaran

Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.

·         Ceramah

·         Tanya jawab

·         Diskusi

V.           Langkah-langkah Pemelajaran

·          Kegiatan Awal:

Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.

Ø      Apersepsi

·          Kegiatan Inti:

Siswa mulai mempelajari:

a.       Memulai usaha

b.       Penentuan bidang usaha

c.       Bentuk-bentuk badan usaha

d.       Struktur organisasi usaha sederhana

e.       Tujuan dan sasaran usaha

·          Kegiatan Akhir:

Penutup: Siswa membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat: tujuan, sasaran, badan usaha dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

Ø      Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna

Ø      Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo

Ø      Modul CMUS

VII. Penilaian

Ø      Tes Lisan

Ø      Tes Tertulis

Ø      Penugasan

Ø      Praktik Kewirausahaan

        

 

SOAL TES (terlampir)

 

 

 

Mengetahui                                                                            Slawi, 16 Juli 2008

Waka Kurikulum                                                                    Guru Mata Diklat

 

 

 

 

Dra. Dyah Widyastuti                                                              Siti Istianah, S.Pd

NIP. 132051619                                                                      NIP. 500125433

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

 

Mata Diklat                   : KEWIRAUSAHAAN

Tingkat/ Semester         : XI / Gasal

Pertemuan ke                : 11, 12, 13

Alokasi Waktu              : 6 x 45 menit (6 jam pelajaran)

Standar Kompetensi      : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.

Kompetensi Dasar         : 2. Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

 

I.             Tujuan Pemelajaran

Siswa diharapkan mampu membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI.

 

II.          Indikator

3.2.1 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari:

·          Produksi yang meliputi alur persediaan, proses produksi dan penyimpanan hasil produksi.

·           

III.       Materi Ajar

·         Perencanaan proses produksi barang dan jasa

·         Pengelolaan persediaan

·         Penyimpanan produk

·          

IV.        Metode Pemelajaran

Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.

·         Ceramah

·         Tanya jawab

·         Diskusi

 

V.           Langkah-langkah Pemelajaran

·          Kegiatan Awal:

Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.

Ø      Apersepsi

·          Kegiatan Inti:

Siswa mulai mempelajari:

a.       Skala dan sistem proses produksi barang dan jasa

b.       Pengelolaan persediaan

c.       Proses produksi dan penyimpanannya

·          Kegiatan Akhir:

Penutup: Siswa membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah atau DUDI.

VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

Ø      Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna

Ø      Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo

Ø      Modul CMUS

Ø      Objek nyata (SMEAN Mart dll)

 

VII. Penilaian

Ø      Tes Lisan

Ø      Tes Tertulis

Ø      Penugasan

Ø      Praktik Kewirausahaan

       

SOAL TES (terlampir)

 

Mengetahui                                                                            Slawi, 16 Juli 2008

Waka Kurikulum                                                                    Guru Mata Diklat

 

 

 

Dra. Dyah Widyastuti                                                              Siti Istianah, S.Pd

NIP. 132051619                                                                      NIP. 500125433


RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

 

Mata Diklat                   : KEWIRAUSAHAAN

Tingkat/ Semester         : XI / Gasal

Pertemuan ke                : 14, 15, 16, 17, 18

Alokasi Waktu              : 10 x 45 menit (6 jam pelajaran)

Standar Kompetensi      : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.

Kompetensi Dasar         : 2. Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

 

I.             Tujuan Pemelajaran

Siswa diharapkan mampu:

          mengetahui pembuatan perizinan usaha sesuai dengan bentuk badan usaha.

          membuat system administrasi usaha sederhana meliputi: surat menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan serta penghitungan pajak.

II.          Indikator

·         3.2.2 Analisis perencanaan usaha dengan aspek administrasi usaha:

    Perizinan usaha

    Surat menyurat

    Pancatatn transaksi barang dan jasa

    Pencatatan transaksi keuangan

    Pajak pribadi dan pajak usaha

    Membuat pembukuan sederhana

III.       Materi Ajar

o        Perizinan usaha

o        Surat menyurat

o        Pancatatn transaksi barang dan jasa

o        Pencatatan transaksi keuangan

o        Pajak pribadi dan pajak usaha

IV.        Metode Pemelajaran

Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.

·         Ceramah

·         Tanya jawab

·         Diskusi

V.           Langkah-langkah Pemelajaran

·          Kegiatan Awal:

Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.

Ø      Apersepsi

·          Kegiatan Inti:

Siswa mulai mempelajari:

    Perizinan usaha

    Surat menyurat

    Pancatatan transaksi barang dan jasa

    Pencatatan transaksi keuangan

    Pajak pribadi dan pajak usaha

·          Kegiatan Akhir:

          Penutup: Siswa membuat system administrasi usaha sederhana meliputi: surat menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan serta penghitungan pajak.

VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

Ø      Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna

Ø      Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo

Ø      Modul CMUS

Ø      Objek nyata (SMEAN Mart dll)

VII. Penilaian

Ø      Tes Lisan & Tes Tertulis

Ø      Penugasan & Praktik Kewirausahaan

         SOAL TES (terlampir)

 

Mengetahui                                                                            Slawi, 16 Juli 2008

Waka Kurikulum                                                                    Guru Mata Diklat

 

 

 

Dra. Dyah Widyastuti                                                              Siti Istianah, S.Pd

NIP. 132051619                                                                      NIP. 500125433

11 Komentar »

  1. Siip.. Kita bisa saling berbagi kalo gini.. Btw kemarin invite saya di YM ya.. Yuk kapan2 chat..;-)

    Komentar oleh Dhienar — Oktober 7, 2008 @ 9:57 am

  2. thanks ya mbak..
    oya, laptop Mbak Dina ada kameranya kan? biar chat-nya bs tatap muka, kan lebih asyik..

    Komentar oleh istiakuntansi — Oktober 28, 2008 @ 4:49 am

  3. salam kenal maksih aku dah copy rpp klas xi caru lampiran soal dimana ya

    Komentar oleh samsusilo — Februari 16, 2009 @ 1:11 am

  4. thanks juga dah ngunjungi blog saya, pak. salam kenal juga…

    Komentar oleh istiakuntansi — Februari 18, 2009 @ 1:32 am

  5. makasih ya bu atas dimuatnya rpp ini.saya kebantu skali

    Komentar oleh ARIN — Februari 20, 2009 @ 5:50 am

  6. ada ga rpp kelas XII

    Komentar oleh suherman — Februari 26, 2009 @ 9:25 am

  7. thanks ya pak, dah kunjungi blog saya. salam kenal…
    maaf kalo saya salah ngasih judul rpp di atas. insya Allah nanti saya masukkan RPP kelas XII.

    Komentar oleh istiakuntansi — Februari 28, 2009 @ 3:42 am

  8. Kenapa kok sama RPP kewirausahaan kelas 2 dg klls 3 bu?

    Komentar oleh Reza — Oktober 26, 2011 @ 3:46 am

    • Oya maaf ya, dulu salah mengunggah… dan kebetulan skrg sy dah gak ngajar KWU lagi jadi blm diupdate lagi…

      Komentar oleh istiakuntansi — Oktober 30, 2011 @ 9:41 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan ke samsusilo Batalkan balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.